Kamis, 05 Januari 2017

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK part 1

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

yang perlu anda ketahui terlebih dahulu adalah

While loop adalah pernyataan atau blok pernyataan yang diulang-ulang sampai mencapai kondisi yang cocok.

Static adalah method yang dapat dipakai tanpa harus menginisialisasi suatu class (maksudnya tanpa menggunakan variabel terlebih dahulu).

Polimorfisme berarti kemampuan untuk mengambil lebih dari satu bentuk . Suatu operasi dapat menunjukkan perilaku yang berbeda dalam kasus yang berbeda . Perilaku tergantung pada jenis data yang digunakan dalam operasi.

Pesan Passing adalah proses di mana sebuah objek mengirim data ke obyek lain atau meminta objek lain untuk memanggil sebuah metode . Message passing sesuai dengan " metode panggilan " .

Operator precedence didefinisikan  sebagai  perintah  yang  dilakukan  compiler ketika melakukan evaluasi terhadap operator, untuk mengajukan perintah dengan hasil yang tidak ambigu/ hasil yang jelas.

Operator kondisi ?: adalah operator ternary. Berarti bahwa operator ini membawa tiga argumen  yang  membentuk  suatu  ekspresi  bersyarat.

Objek adalah entitas dasar run-time dalam suatu sistem berorientasi objek. Masalah pemrograman dianalisis dalam hal objek dan sifat komunikasi antara mereka. Ketika program dieksekusi, objek berinteraksi satu sama lain dengan mengirimkan pesan. Objek yang berbeda juga dapat berinteraksi satu sama lain tanpa mengetahui rincian data atau kode mereka.

Netbeans adalah aplikasi editor terpadu (IDE atau Integreted Development Environment) yang akan mempermudah dalam membuat aplikasi karena menyediakan control visual yang penting dalam pemrograman desktop (pemrograman visual).

Mutator methods adalah method yang dapat memberi atau mengubah nilai variable dalam class,baik itu berupa instance maupun static.

Metode menggambarkan kemampuan objek . Anjing memiliki kemampuan untuk kulit. Jadi kulit ( ) adalah salah satu metode dari kelas Dog.

Kelas adalah kumpulan objek dari jenis yang sama. Setelah kelas didefinisikan, sejumlah objek dapat dibuat yang termasuk ke kelas tersebut. Kelas adalah cetak biru, atau prototipe, yang mendefinisikan variabel dan metode umum untuk semua objek dari jenis tertentu.

Java SDK adalah platform dasar java yang diperlukan agar komputer atau laptop dapat digunakan untuk mengeksekusi kode-kode program bahasa java.

Inheritance (pewarisan) adalah proses dimana satu objek mengakuisisi properti dari obyek lain. Ini mendukung klasifikasi hirarkis. Dengan menggunakan warisan, objek hanya perlu mendefinisikan kualitas-kualitas yang membuatnya unik dalam kelasnya. Hal ini dapat mewarisi atribut umum dari induknya. Sebuah sub - class baru mewarisi semua atribut dari super - class nya.

Field merupakan tipe data yang didefiniskan, sementara method merupakan operasi.

Encapsulation adalah mekanisme yang mengikat bersama-sama kode dan data dalam memanipulasi, dan membuat baik aman dari gangguan luar dan penyalahgunaan. Enkapsulasi merupakan penyimpanan data dan fungsi dalam satu unit (kelas). Sebuah antarmuka yang terdefinisi dengan baik mengontrol akses ke kode tertentu dan data. Data tidak bisa diakses oleh dunia luar dan hanya fungsi-fungsi yang disimpan dalam kelas dapat mengaksesnya.

Array adalah sebuah variabel/ sebuah lokasi tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier, namun identifier ini dapat menyimpan lebih dari sebuah nilai.

Accessor Methods digunakan untuk  membaca  nilai variabel pada class,baik berupa instance maupun static. Sebuah accessor method umumnya dimulai dengan penulisan get <namaInstanceVariable>.

Abstraksi mengacu pada tindakan yang mewakili fitur penting tanpa termasuk rincian latar belakang atau penjelasan. Kelas menggunakan konsep abstraksi dan didefinisikan sebagai daftar atribut abstrak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar